The news is by your side.

Presiden Jokowi kembali kenakan batik canteng koning, begini respons Bupati Sumenep

0

SUMENEP – Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengaku sangat bangga karena batik kebanggan warga Sumenep, batik tulis Canteng Koning, dikenakan oleh Presiden Jokowi saat menghadiri HUT Emas PDI Perjuangan ke-50 di Jiexpo, Jakarta pada Selasa (10/1/2023).

“Warga Sumenep merasa bangga karena batik kerajinan khas Sumenep kembali dikenakan oleh pak Presiden,” katanya, Rabu (11/1/2023), dikutip dari Sindonews.

Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sumenep itu menuturkan, sebagian besar perajin batik Canteng Koneng masih berusia muda. Mereka merasa terpanggil untuk melestarikan budaya asli Sumenep agar tetap eksis dan mendunia.

“Pembatiknya memang rata-rata masih berusia 25 tahun. Mereka mengerjakan kerajinan itu dengan sabar dan tekun, karena memang sudah punya passion untuk menjadi pembatik dan menggeluti karya seni itu,” tambahnya.

Fauzi menjelaskan, dibutuhkan skill dan kesabaran tinggi untuk membuat motif batik Canteng Koneng. Sebab, motif batik itu sangat detail dan dikerjakan secara manual. Sehingga prosesnya cukup lama.

“Karena batik ini model batik pola, membutuhkan skill yang tinggi dalam proses pembuatan dan di dibuat secara detail,” jelas Ketua DPC PDI Perjuangan ini, lebih lanjut.

Harga batik Canteng Koneng sendiri bervariatif, tergantung motif dan lama pengerjaan. Biasanya, paling murah dijual dengan harga Rp400.000 dan bisa mencapai jutaan.

Sekadar diketahui, batik tulis Canteng Koneng juga pernah dipakai presiden Jokowi saat mengundang Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sampai Kapolres ke Istana Negara beberapa waktu lalu. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.